Pages

Cerita Indah "chief kecil"


Liburan ternyata datang lebih awal. Jadwal libur yang diagendakan mepet hari lebaran ternyata harus bergeser. Ini terjadi seiring perubahan jadwal agenda di kampus. Akhirnya dua pekan sebelum idul fitri saya sudah berada di rumah. Sempat bingung harus diisi dengan kegiatan apa selama dua pekan itu (selain emang udah ada targetan yaumiyah ramadhon sih) tapi tetap saja takut kalo liburannya nanti  bakal tidak produktif (caile mahasiswa, ayo teriakan : “hidup mahasiswa”,  \(^.^)  he).

Kondisi liburan pun emang tidak bersahabat. Teman-teman kebanyakan belum libur kuliah, sehingga membuat saya ‘terpaksa’ memilih kegiatan at home saja. Sempat mengagendakan untuk hunting-hunting foto atau bercocok tanam di halaman rumah. Ya saya rasa foto-foto di tempat kenangan dan bercocok tanam cukup seru untuk menambahi kegiatan romadhon.

Setelah tiba di rumah ternyata kenyataannya berbeda, selain karena kondisi cuaca yang hampir setiap hari kurang bersahabat, ternyata ibu pun kondisi kesehatannya tidak begitu baik. Akhirnya saya putuskan untuk men-cancel semua agenda itu. Sebagai pengganti, saya pun mencoba untuk mengisi kegiatan dengan soal urusan rumah tangga sebagai wujud meringankan pekerjaan ibu yang emang kurang sehat. Emang bisa??? he cekidot ni kisahnya.


Saya bungsu, dua orang kakak saya dijadwalkan tidak akan mudik lebaran ini. Satu lebaran bersama suami tercintanya, yang satu lagi sedang diklat perusahaan ke Shanghai (cailee luar negri, saya kapan ya??), jadi lebaran kali ini bisa dipastikan hanya bertiga saja di rumah, saya, ayah dan ibu tercinta. Kebungsuan ini emang membuat saya selama ini kurang peka terhadap pekerjaan rumah. Baik itu cuci-mencuci, masak-memasak, atau beres-beres rumah. Bukan saya malas atau manja sih (pembelaan), tapi emang kegiatan-kegiatan ini biasa dilakukan oleh ibu dan kakak, selain itu juga saya memang hanya punya waktu sedikit di rumah kan SMA nya dulu full day ,(hee alasan saya kuat kan?), satu lagi, walaupun saya sudah gede namun di rumah saya selalu diperlakukan sebagai orang yang paling kecil ya sekali lagi karena bungsu itu, jadi saya tidak dipercayakan untuk melakukan hal-hal itu katanya sih ‘dek pacak ngiloki jangan merusak jadilah’ (yeh bahasa kerajaan keluar, tanya artinya? Cari aja di Kamus Besar Bahasa Lahat, (^,^)/  he).

Hal pertama yang saya lakukan ialah memohon izin kepada kedua orang tercinta, agar ibu istirahat saja sampai benar-benar sembuh. Sebagai konsekuensinya semua pekerjaan rumah saya yang akan mengerjakan (sok bijak banget). Dan setelah melaluli loby yang cukup panjang kayak anggota DPR gitu, he alhamdulillah saya diizinkan (ye jadi terharu mengingat momen2 ini, TT he). Dan setelah itu perjuangan dimulai (genderang perang pun berbunyi tret tet tet, he).

Mencuci dan beres-beres rumah bagi saya bukan sebuah masalah, dua tahun in the kost, membuat saya sedikit bisa untuk melakukan pekerjaan ini. Paling kesulitannya itu ternyata di rumah sudah ada mesin cuci dan saya (ssstt jangan kasih tau siapa-siapa ya?? janji?), saya tidak bisa mengoperasikannya (maklum di kost kan pake kekuatan sepuluh tangan, he). Akhirnya harus belajar dulu. Berhubung saya anaknya cerdas (lha, ini wujud syukur atau sombong yak??) tidak butuh waktu lama saya pun bisa.

Ba’da ashar adalah momen paling indah, kalo dikampus biasanya kegiatannya lemes-lemesan doang, ya paling positif datang kajian menjelang berbuka puasa dimasjid (itu pun berharap dapat ta’jil gratis dari masjid, astaghfirulloh, he). Tapi di rumah berbeda, agak miris sih, saya harus berhadapan dengan pisau, cobek, kuwali dan temen-temennya yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. –sebelum saya lanjutkan, mungkin ada yang bertanya. Evan gak masak yah kalo di kost? Biar saya jelaskan. Begini. Dulu sekali awal masuk kuliah niatnya emang pengen masak sendiri. Asumsi awal sih pengen lebih hemat sekaligus dalam rangka pengembangan diri (kreatifitas). Tapi ternyata setelah di jalani kehidupan ibu kota emang begitu kejam, hikss. Biaya untuk masak sendiri lebih mahal dibandingkan beli jadi di warung. Terus kegiatan kampus yang padat memotong semua waktu untuk hal itu. Kesimpulannya saya tidak masak, simpel aja, beli murah dan waktunya juga tidak banyak tersita. Oke jelaskan??-. Saya lanjutkan. Jadi memasak adalah tantangan terberat bagi saya dibanding dua hal sebelumnya tadi.

Awalny masih agak ragu untuk masak sendiri. Banyak pertanyaan yang muncul, bisa gak ya? Bakal enak gak ya? Apalagi masaknya bukan buat konsumsi sendiri saja, ayah dan ibu juga bakal makan masakan saya. Ya semua harus belajar. Semua harus dicoba, ini saatnya untuk memulai. Bismillah.

Ibu adalah tutor terbaik masalah masak. Dari hal yang paling penting sampe hal yang gak penting langsung saya tanyakan ke ibu. Tapi Alhamdulillah ibu orangnya sabar, selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan ‘gak penting saya’ ia  pun masih sempat melemparkan senyum manisnya (mungkin dalam hatinya “wah parah ni bocah gitu aja gak tau pake ditanyain lagi” \(^,^)/ he)

Untuk ta’jil berbuka sebenarnya saya tidak terlalu repot. Karena di rumah emang tidak terbiasa dengan ta’jil yang macem-macem. Paling teh manis sama sedikit cemilan kecil. Itu sih agak gampang ditambah tentangga juga sering anter-anter makanan. Nah yang makan besarnya yang sebenarnya butuh perhatian khusus. Soalnya emang di rumah ada standar baku untuk makanan yang layak untuk dihidangkan. Misalnya ni nasi harus bener-bener lembut (ini syarat sah dari ayah) jadi waktu ngasih air sebelum nasinya ditanak harus bener-bener jeli, jangan sampe airnya kurang. Jadi berulang kali saya harus laporan  ke ibu “ini cukup? tambah lagi? Atau kurangi?” beh keren,hee. Tak cukup di situ sama kayak nasi kalo masak sayur pun harus bener-bener lembut, maklum masak buat orang tua. Jadi entah itu ditumis atau pun sup harus bener-bener lembut (entah lah apakah proteinnya masih tersisa kalo udah lembut banget? (*,*)9 huft).

Kebanyakan orang sumatera menyepakati bahwa tidak berasa makan kalo gak pake sambal. Nah itu juga ternyata berlaku di rumah. Jadi setiap hari harus bikin sambal sendiri. Konsekuensinya setiap hari juga saya harus berteman dengan cobek, ha (tapi seru loh!!!). Memilih cabe segar, di kasih garam secukupnya, terus di ulek-ulek (terus mikir “kok gak halus2 ya ni cabe??” padahal tangan udah menyut-menyut) di tambah lagi sensasi pedas kadang-kadang sampe ke mata ehhh keren, he.

Terus buat sahur gimana? Ya biasanya masak pas sore kan agak banyak jadi disisakan juga untuk sahur. Paling tambahannya goreng telur atau goreng-goreng apalah yang gampang dan gak banyak makan waktu. Maklum kalo sahur kan antara sadar sama gak. Jadi masak yang simpel-simpel aja. he

Hari berganti hari kalo dikasih predikat sih (kayak sertifikat) Alhamdulillah boleh dikatakan saya lulus menjalani segala aktifitas rumah (itu sih penilaian sendiri, he). Walau tak dipungkiri untuk masak, kadang ada yang gosong, rasanya hambar, rasanya aneh gak jelas, kadang juga keasinan macem-macem deh. Ya semua dimaklumi kan masih belajar. Bulan puasa juga semua tidak melalui proses pencicipan, he. tapi kalo ditanya langsung ke ayah dan ibu, gimana rasanya? Jawabannya gini “enak kok, wah ternyata ipung punya bakat terpendam ya” (haaa,,entah lah itu jawaban jujur atau sekedar membahagiakan, tapi saya yakin kok, masakan saya benar-benar lezat, he)

Ibu pun udah mulai sehat, Alhamdulillah. Di hari-hari menjelang lebaran akhirnya saya tidak sendiri lagi memasak. Ibu mulai bisa bantuin (gak kebalik? Eh ya yang benar saya yang bantuin ibu masak, he). Kalo hari-hari sebelumnya cuma masak yang biasa-biasa aja maka hari-hari bersama ibu sudah naik tingkat belajar masaknya. Udah masak pake ‘bumbu kuning’, pindang-pindangan, rendang-rendangan dan yang paling spesial diajarin juga masak ikan tempoyak (wah lezatnya) he. Ilmu pamungkas ibu pun sepertinya diturunkan semua ke anak bungsunya. Semua bumbu-bumbu yang tidak saya kenal sebelumnya sekarang jadi tahu. Wah makin expert aja.

Hari  nan fitri pun tiba, Alhamdulillah ibu sehat, ayah sehat dan tidak diduga-duga kakak yang sedang diklat mendadak mudik karena mendapat libur juga (tentu dengan membawa oleh-oleh juga, he). Walau kurang satu orang lagi tapi lebaran kali ini cukup seru. Apalagi pas momen-momen masak buat hidangan lebaran, masak ketupat, opor, rendang dan pempek. Kita kerjain bareng-bareng dengan suasana yang kental kehangatan tawa canda melepas kerinduan masing-masing (ahh terharu).

Terakhir (sebuah epilog), jujur masak itu menyenangkan, walau belum bisa nyaingin masakannya Farah Quinn setidaknya saya sadar sekarang kalo aktifitas memasak itu ternyata begitu mengasyikan (jadi pengen belajar masak lagi, he). Kedua, masak itu tidak melulu menjadi pekerjaan kaum hawa, bukan sebuah masalah kalo Adam pun memasak, cam kan tu, he. Ketiga jangan pernah mencerca makanan (ini anjuran nabi juga) butuh perjuangan keras untuk menjadikan bahan-bahan mentah, bumbu-bumbu dan lainnya hingga menjadi makanan, so sebagai wujud penghargaan kita terhadap perjuangan itu jangan pernah mencerca makanan ya kalo gak suka lebih baik ditinggalin aja deh. Dan terakhir keluarga adalah segala-galanya, terlebih ayah dan ibu kita. Yuk terus berbakti pada mereka kalo belum bisa dengan hal-hal besar lakukanlah lewat hal-hal kecil. Semangat,

Liburan pun berakhir, lusa tiba saya harus kembali ke kampus. Menyongsong cita-cita lewat kampus tercinta. Meninggalkan rumah dengan menyisakan kenangan-kenganan indah berberapa hari di rumah. Tak disangka malam itu ayah datang menghampiri, pintanya satu di malam syahdu itu. “oh ya besok ayah mau puasa syawal, masakin sahur buat ayah ya??”  

Arum Asri, Tangerang
9 oktober 10, 19:31




1 komentar:

  1. Bagus curhatannya, gak bosen ngebaca meskipun panjang...
    keep posting yaa :)

    BalasHapus

Komentar di sini yah,